Sunday, September 13, 2020

Kota cantik Alexandria

    Jika kalian sempat pergi ke Mesir, jangan lupa untuk mengunjungi kota ini. Alexandria merupakan kota dengan garis pantai yang panjang, sehingga tidak heran bahwa kota terbesar kedua di utara Mesir ini merupakan kota pelabuhan Mediterania.

Alexandria, Mesir (Sumber: Dokumen Pribadi)

    Saya yang baru pertama kali menjejakkan kaki di Alexandria sangat kagum dengan kota yang cantik ini. Kota modern dengan percampuran budaya serta peninggalan sejarah yang terdapat di kota ini membuat saya berkata pada diri sendiri, bahwa jika saya punya kesempatan untuk kembali ke Mesir, Alexandria merupakan kota yang harus saya kunjungi.

Alexandria, Mesir (Sumber: Dokumen Pribadi)

    Menurut saya pribadi, Alexandria sebagai kota yang modern terlihat tidak begitu strict terhadap peranan gender yang kental seperti di wilayah-wilayah Mesir yang saya sempat kunjungi. Biasanya, perempuan dilarang untuk menikmati shisha di dalam kedai shisha itu sendiri karena dianggap sebagai 'aib atau sesuatu yang memalukan dan tidak pantas untuk dilakukan bagi perempuan. Akan tetapi, di Alexandria saya menemukan beberapa perempuan sedang asyik hang out di dalam kedai shisha.    

    Alexandria yang cantik, tidak hanya membuat saya terpukau dan ingin kembali mengitari kota pesisir pantai ini. Perpustakaan yang sangat mahsyur dan besar di kota Alexandria juga membuat saya jatuh cinta. The Bibliotheca Alexandria dengan arsitektur yang indah menjadi salah satu tempat yang saya dan temen-teman kunjungi. Fyi, saya sangat menyukai vibe yang berada pada semua perpustakaan, membuat saya lebih tenang dan fokus duduk berlama-lama sambil membaca buku. Perpustakaan ini dibuka untuk umum dengan tarif tertentu. Di dalam perpustakaan juga tidak hanya terdapat rak-rak buku dan meja, tetapi juga terdapat toko merchandise, dan koleksi pameran.

    Kota Kairo memang kota pertama di Mesir, dan Alexandria merupakan yang kedua. Akan tetapi, jika kalian ingin menikmati suasana yang lebih chill dari pusat kota, kalian bisa mengunjungi Alexandria.



Referensi

https://ensiklo.com/2015/02/25/apa-dan-di-mana-kota-alexandria-itu/

https://trip101.com/id/artikel/best-things-to-do-alexandria-egypt-id

https://www.insightguides.com/destinations/africa-middle-east/egypt/alexandria

No comments:

Post a Comment